-->

Tips Agar Puasa Tetap Lancar, Semangat Dan Tidak Cepat Lemas

Advertisemen

          Telah kita ketahui bersama bahwa puasa Ramadhan adalah bagian dari rukun Islam, sehingga bangunan Islam pun bisa tegak dengan adanya salah satu rukun ini.  Bukti wajibnya puasa disebutkan dalam firman Allah (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183). Puasa ramadhan ini diwajibkan bagi setiap muslim, berakal, sudah baligh, dalam keadaan sehat dan dalam keadaan mukim.

Puasa sungguh berat bagi orang yang tidak tahan dengan godaan. Tapi di bulan suci inilah kita dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu kita. Makanya bulan syawal disebut bulan kemenangan bagi orang-orang yang berhasil mengendalikan hawa nafsu mereka di bulan ramadhan. Agar kita bisa menjalankan puasa satu bulan penuh, badan kita harus tetap fit. Untuk menjaga badan tetap segar dan bugar saat berpuasa, cobalah ikuti beberapa tips&trik blog Education yang akan saya berikan kali ini.


Berikut tips agar tetap semangat dan tidak lemas saat berpuasa :



1. Sahurlah ketika mendekati waktu imsyak
Salah satu sunnah rasul adalah mengakhirkan waktu sahur. Waktu yang tepat untuk sahur adalah setengah jam sebelum waktu imsyak.

2. Hindari makanan yang mudah dicerna

Untuk sahabat yang aktifitasnya padat sekali, sebaiknya jangan makan makanan yang mudah di cerna seperti bubur ayam, lontong sayur atau tahu campur. Makanlah makanan berat seperti nasi, kentang, ketela atau jagung. Jangan lupa perbanyak makan buah dan sayur.

3. Hindari minum atau makan makanan yang mengandung santan

Minuman atau minuman yang mengandung santan akan membuat tubuh menjadi lemas. Sebab itu sebisa mungkin jangan makan nasi uduk atau minum kolak saat sahur.

4. Perbanyak minum air putih menjelang imsyak

Minuman manis sebenernya akan cepet membuat kita haus. Cara menyiasatinya adalah dengan memperbanyak minum air putih menjelang imsyak. Air putih mampu menetralisir efek minuman manis.

5. Jangan tidur sehabis sholat subuh

Tidur setelah sholat subuh akan membuat tubuh lemas juga. Tapi bagi penderita insomnia, waktu subuh adalah saatnya tidur. Khusus penderita insomnia dianjurkan untuk mandi pagi untuk menghilangkan efek lemas karena tidur saat subuh.

6. Lakukan berbagai aktifitas

Melakukan banyak kegiatan ketika berpuasa mampu membuat kita lupa kalau kita sedang berpuasa. Aktifitas yang begitu padat mengakibatkan waktu terasa cepat. Sehingga tahu-tahu sudah waktunya berbuka puasa.


Dan itulah beberapa tips agar puasa tetap lancar, semangat dan tidak cepat lemas yang bisa saya bagikan kepada sobat Education semuanya, semoga bermanfaat. :)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments